Watch: Doctor Who Season 1 (2005)

Sudah lama banget saya penasaran sama serial televisi ini sejak dibahas di salah satu fanbase-nya Muse, tetapi baru bulan Mei lalu kesampaian nonton. Big thanks to Annisa Noyara Rahmasary alias Icha yang rela dateng dari Bogor demi berbagi banyak hal seputar Doctor Who bareng saya.

Doctor Who merupakan serial televisi fiksi ilmiah asal Inggris milik stasiun televisi BBC yang berkisah mengenai seorang alien time lord yang disebut “Doctor”. Doctor selalu bertualang bersama teman seperjalanan yang disebut companion dengan mengendarai TARDIS (Time And Relative Dimension In Space). TARDIS ini bisa membawa penumpangnya  ke waktu dan tempat mana pun di alam semesta. Dari luar, TARDIS hanya tampak seperti kotak telepon polisi berwarna biru, tetapi bagian dalamnya jauh lebih luas.

Setiap kali terluka atau sekarat, Doctor tidak lantas mati, tetapi beregenerasi menjadi sosok baru dalam tubuh yang baru. Namun, ia tetaplah Doctor yang sama dan tidak kehilangan ingatannya. Jadi, sampai musim tayang yang telah ditentukan, aktor yang memerankan Doctor pun berbeda.
So yeah, everyone get in the TARDIS now, the Doctor is here!

image
Doctor dan Rose (sumber: ahashare.com)

The Doctor: Ninth Doctor (Christopher Eccleston)
Primary Companion: Rose Tyler (Billie Piper)
Additional Companions: Adam Mitchell (Bruno Langley), Captain Jack Harkness (John Barrowman)

Summary: Rose Tyler—an ordinary 19 year old London girl—is the first and primary companion of the Ninth Doctor. Rose bekerja sebagai karyawan di pusat perbelanjaan dan ia tinggal berdua dengan ibunya. Rose sedang terjebak di ruang bawah tanah gedung mal ketika manekin-manekin di ruangan tersebut bergerak mengepungnya. Saat itulah pertama kalinya ia bertemu dengan Doctor yang langsung berseru, “Run!

Di akhir episode pertama, Rose pun memutuskan untuk menjadi companion sang Doctor dan bertualang bersamanya, baik ke masa lalu maupun masa depan. Di episode-episode selanjutnya, mereka menghadapi akhir dunia di tahun 5.000.000, bertemu Charles Dickens, sampai melawan musuh-musuh sang Doctor, seperti para Dalek dan Slitheen.

Favorite Episodes:
(A/N: Episode pertama dan dua episode terakhir musim tayang ini wajib ditonton, biar enggak bingung.)

1. “Dalek”
Seorang pemilik museum benda-benda luar angkasa memiliki sesosok makhluk yang begitu ia banggakan dalam koleksi terbarunya. Makhluk tersebut ternyata merupakan Dalek, musuh lama sang Doctor.

2. “Father’s Day”
Rose dan Doctor muncul di hari ketika Ayah Rose meninggal. Rose menyelamatkan ayahnya dari kecelakaan dan ia pun tetap hidup. Doctor pun marah besar meskipun Rose bersikeras bahwa ayahnya bukanlah orang penting yang kehidupannya berarti bagi orang banyak. Ditegaskan pula bahwa setiap manusia yang hidup dan telah dilahirkan itu penting. “Who said you’re not important?” kata Ninth Doctor. Keren!

3. “The Empty Child/The Doctor Dances”
Episode paling creepy yang bikin merinding sama kata-kata, “Mummy? Are you my mummy?” Di episode inilah Doctor dan Rose pertama kali bertemu Captain Jack Harkness yang flamboyan abis. Captain Jack pun bergabung jadi companion sampai akhir musim tayang.

Thoughts: Awalnya, saya enggak begitu simpatik sama tokoh Rose. Namun, seiring dengan perjalanan waktu, saya sadar bahwa sejauh ini dia lebih keren dari Amy Pond, companion-nya Eleventh Doctor (iya, tadinya saya nonton secara simultan dari musim tayang pertama, kedua, dan kelima, tetapi akhirnya tobat setelah disaranin Icha untuk nonton secara kronologis).

Rose membuktikan bahwa keberanian dan empatinya enggak se-ordinary dirinya saat masih tinggal di London. Malah, sifat empatik Rose pernah sampai disalahgunakan Dalek (di episode “Dalek”). Ninth Doctor yang hanya tampil di musim tayang pertama pun berkesan banget. Saya bakal kangen senyumnya. It can be eiher a joyful or sarcastic smile, depends on the situation. Saya nangis juga akhirnya ketika dia beregenerasi. Penggantinya ialah Tenth Doctor yang diperankan oleh David Tennant.

image
David Tennant sebagai Tenth Doctor (sumber: lauriekerrdesign.wordpress.com)

Rencananya, saya bakal nulis review setiap musim tayang Doctor Who yang sudah saya tonton. Mudah-mudahan bakal terlaksana deh. Cheers!

Adinda S. Rahayu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s